Selasa, 03 Juni 2014

Breaking News



Pengamat : 

Keliru Menganggap Pamong Pamong Belajar Itu 

Kerjanya Santai


Sabtu, 24/05/2014 - 13:04 WIB
RIMANEWS - Prof Dr HM Norsanie Darlan MS PH dari Universitas Palangka Raya (Unpar) Kalimantan Tengah berpendapat, keliru kalau ada yang menganggap pamong belajar itu kerjanya santai.
"Memang dari hasil penelitian ada anggapan bahwa pamong belajar terlihat lebih santai dibandingkan tenaga guru," ungkap akademis perguruan tinggi negeri tertua di "Bumi Isen Mulang" Kalimantan Tengah itu kepada Antara Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Sabtu (24/5).
Padahal hasil penelitian juga mengungkapkan, kiprah pamong belajar dalam menjalankan tupoksi pada Pendidikan Luar Sekolah (PLS) mengurangi berbagai hal yang berkenaan dengan masalah pamong belajar, baik di Kalteng maupun di tanah air ini.
"Walau guru dan pamong belajar sama-sama tugas mengajar. Tapi kalau kita cermatai ada beda yang sangat bermakna terhadap sasaran didiknya," ujar dosen pascasarjana PLS tersebut.
Ia menerangkan, untuk guru di sekolah formal, mereka menerapkan teori-teori yang berkenaan dengan paedagogik.
"Sebaliknya para pamong belajar sulit kalau menerapkan teori itu, karena sasaran mereka adalah orang dewasa, tentu lebih mengutamakan teori andragogik atau dalam materi kuliah di PLS pendidikan orang dewasa (POD)," ujarnya.
Pamong belajar di Badan Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informasl (BP2NFI) sangat terkait dengan tugas lebih dibanding mereka yang juga pamong belajar, tapi di sanggar kegiatan belajar (SKB).
"Sebab pamong belajar di provinsi dan regional, harus berada setingkat lebih tinggi, karena harus ada upaya-upaya pengembangan bahan belajar. Pengembagan bahan belajar yang harusnya diterapkan, tentu melakukan berbagai eksperimen," demikian Norsanie.(Juft)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar